Sports

Template information

JUS YANG BAIK UNTUK WANITA HAMIL




JUS YANG BAIK UNTUK WANITA HAMIL
Dimasa hamil, wanita hamil merupakan satu-satunya penyalur nutrisi yang diperlukan janin. Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh wanita hamil adalah buah-buahan. Tetapi tentu saja tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh wanita hamil. Konsumsi buah pada saat hamil bisa bermacam cara, salah satunya adalah di buat jus. Jus buah membuat ibu tidak perlu repot mengunyah dan sudah tentu jus itu sudah halus, sehingga akan memudahkan ibu untuk mengkonsumsinya.

Berikut ini adalah jus sehat yang dapat menjadi pilihan ibu hamil :
      APEL : Campurkan sedikit seledri dengan jus apel untuk mengatasi gangguan tidur  selama hamil. Bisa juga dicampur dengan bayam. Kombinasi pektin dalam apel dan asam oksalik pada bayam ampuh “melepaskan” kotoran di usus besar yang telah mengendap berhari-hari. Zat pektin dalam apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.
  1. WORTEL : Energi instant jika ibu hamil letih lesu, mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil dengan gangguan diabetes, dan mencegah darah tinggi dan pre-eklampsia.
  2. ALPUKAT : Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.
  3. BELEWAH : Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus.
  4. JERUK : Mengandung vitamin C sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza.
  5. PEPAYA DAN MANGGA : Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam.
7.       PEAR : Membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas.
  1. DELIMA : Membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap dan mengurangi resiko luka otak pada janin (Hypoxic ischemik).
  2. TOMAT : Membantu pembentukan glycogen dalam liver sehingga baik untuk menjaga stamina tubuh. Garam mineral dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga makanan dicerna dengan baik.
  3. SEMANGKA : Jus semangka dapat membantu memperbaiki kandungan darah.  Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.
  4. KELENGKENG : Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita setelah melahirkan.
  5. BELIMBING : Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan.
  6. LECI : Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah.
  7. TIMUN : Mengatasi sakit punggung, kram otot dan gangguan kulit selama kehamilan. Jus timun berfungsi meningkatkan kekuatan jaringan otot, tendon, ligamen, peningkatan corak kulit, rambut, kuku, dan tulang rawan.