Sports

Template information

KAKI BENGKAK PADA IBU HAMIL

KAKI BENGKAK PADA IBU HAMIL
Penulis : yuliardiani1507@gmail.com
Kaki bengkak pada ibu hamil adalah gelaja yang sering kali terjadi. Hal tersebut wajar terjadi, namun terkadang menimbulkan kekhawatiran bagi ibu hamil. Kaki bengkak saat hamil bisa terjadi saat usia kehamilan Trimester 2 dan 3 yaitu menginjak usia 24 minggu atau bisa juga terjadi saat usia kehamilan menginjak usia 28 minggu ke atas­.
Penyebab umum dari terjadinya pembengkakan kaki tersebut adalah berkumpulnya cairan dan menjadi tertahan di dalam tubuh. Jika tidak diikuti dengan gejala lainnya, pembengkakan pada kaki, mata kaki dan organ tubuh lainnya pada ibu hamil terbilang wajar dan normal. Bengkak pada ibu hamil akan menimbulkan pegal dan perasaan tidak nyaman pada kaki. Hal lain yang tidak wajar adalah jika kaki bengkak itu mengalami pembesaran yang berlebihan dan menimbulkan keluhan pada ibu hamil. Misalnya saja membuat ibu hamil susah berjalan dan bergerak, dan disertai tensi tinggi. Ini sudah termasuk bengkak yang patologis. Banyak hal yang dapat menyebabkan kaki bengkak pada ibu hamil, namun terkadang tidak semua ibu hamil mengetahui penyebab dari bengkak tersebut.
Disini saya akan sedikit mengulas penyebab bengkak pada kaki ibu hamil. Diantara penyebabnya yaitu Beban Yang Berat, kaki yang menanggung beban akan mengalami pembengkakan, karena beban yang dibawanya terlalu berat dari yang sebelumnya. Kaki Banyak Cairan, selama hamil rahim akan semakin membesar. Besarnya rahim tersebut menyebabkan cairan tertimbun di dalam kaki 30 persen lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Penimbunan cairan di kaki itu menyebabkan kaki bengkak saat hamil. Aliran Darah Tidak Lancar, salah satu hal yang menyebabkan kaki menjadi bengkak saat hamil adalah pembuluh darah balik yang ada di kaki menjadi tersumbat dan terhambat. Pembuluh yang tersumbat itu menyebabkan aliran darah ke jantung juga mengalami gangguan. Akibatnya pembuluh darah yang tersumbat itu akan menimbulkan bengkak pada kaki. Kurang Gerak, Ibu hamil dengan usia 24 minggu ke atas yang kebanyakan duduk dan tidak banyak bergerak akan menyebabkan kakinya bengkak. Hal itu dikarenakan aliran darah di kaki menjadi tidak lancar sehingga mengalami pembengkakan. Penanganan, jangan terlalu sering berdiri, perbanyak gerak, meninggikan posisi kaki saat tidur, menggunakan alas kaki yang nyaman, konsumsi air putih yang cukup, olahraga teratur, hindari garam dan kafein, tidur dalam posisi miring, hindari posisi kaki menyilang, dan rendam kaki dengan kompres dingin.