Sports

Template information

Asam Folat Untuk Ibu Hamil



Asam foat untuk ibu hamil sangat penting, asam folat merupakan nama lain dari vitamin B9. Asam folat memiliki sifat larut dalam air sehingga konsumsi yang berlebih dari asam folat dapat dikeluarkan melalui urine. Asal kata "folat" berasal dari bahasa Latin yakni "folium" yang memiliki arti daun.

Dalam pengakategorian WHO, asam folat termasuk dalam kategori kelas A yang berarti aman untuk dikonsumsi dan seharusnya dikonsumsi. Apalagi Asam folat untuk ibu hamil atau ibu yang hendak hamil, merupakan vitamin yang wajib dikonsumsi.
Pada masa akan hamil dan trimester pertama asam folat untuk ibu hamil harus dicukupi kebutuhannya. Asam folat untuk ibu hamil berperan dalam pembentukan sel darah merah dan putih, mencegah anemia, mencegah terjadinya neural tube defects (NTD) seperti anensefali (tidak terbentuknya batok kepala) dan spina bifida (penonjolan ke arah luar tubuh dari sumsum dan tulang belakang yang mengakibatkan kelumpuhan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah banyak dilakukan, kekurangan asam folat untuk ibu hamil terbukti mengakibatkan kecacatan pada bayi diantaranya kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, bibir sumbing, bayi lahir dengan berat lahir rendah, down's syndrome, bahkan dapat mengakibatkan keguguran. Kebutuhan asam folat pada ibu hamil dan usia subur adalah 400 mikrogram per hari.



Gangguan NTD akibat kekurangan asam folat untuk ibu hamil sebenarnya dapat dideteksi ketika masih dalam masa kehamilan apabila ibu hamil secara rutin melakukan pemeriksaan kehamilan/antinatal care, pemeriksaan USG, dan darah. Menurut WHO 2/3 kasus NTD dapat terselamatkan dengan mengkonsumsi 400-600 mcg asam folat.
Kekurangan asam folat untuk ibu yang mengalami morning sickness secara berlebihan memiliki resiko defisiensi asam folat. Konsumsi susu khusus bagi ibu hamil atau wanita yang merencanakan kehamilan biasanya telah terdapat penambahan asam folat didalamnya.
Mengkonsumsi susu tersebut sesuai saran penyajian dapat memenuhi kebutuhan asam folat untuk ibu hamil seharinya. Asam folat untuk ibu hamil aman dikonsumsi sampai dengan batas 1000mcg, dan jika berlebihan dapat memberikan efek samping seperti nausea, nafsu makan menurun, perut kembung, serta alergi ringan.
Beberapa sumber makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil adalah hati sapi, brokoli, jeruk, dan bayam. Selain itu tepung terigu dan susu juga mengandung asam folat lumayan tinggi karena difortifikasi dengan asam folat. Hati sapi sebenarnya cukup tinggi mengandung asam folat, terutama pada hati sapi yang setengah matang. Jadi, bagi wanita yang hendak dan sedang hamil jangan lupakan asam folat ya..