Sports

Template information

TIPS MENGATASI ANEMIA PADA IBU HAMIL


 By : Yuni Rahmawati (moon.onyet@gmail.com)



Selama kehamilan tubuh harus dapat memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang pertumbuhan bayi yang sehat. Ibu hamil merupakan golongan yang rentan terkena anemia. Meskipun anemia pada  ibu hamil dianggap kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil akan tetapi akan berdampak negatif pada bayi dan ibu hamil apabila dibiarkan tanpa penanganan yang tepat.
          Anemia pada ibu hamil merupakan penyakit yang disebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau yang sering disebut dengan kandungan hemoglobin. Hemoglobin itu sendiri adalah suatu senyawa protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah menuju ke seluruh jaringan tubuh. Anemia pada ibu hamil sering dialami oleh ibu hamil karena selama masa kehamilannya produksi darah sang ibu berfungsi untuk menyangga pertumbuhan janin di dalam perut yang menyebabkan sang ibu membutuhkan sel darah merah yang banyak agar tubuh tetap sehat dan kuat. Anemia pada Ibu hamil dideteksi apabila ditemukan kadar Hb kurang dari 11 gr/dl pada trimester pertama dan ketiga kehamilan. Selain itu pada trimester kedua kadar Hb kurang dari 10,5 gr/dl.
Pencegahan anemia pada ibu hamil dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan zat besi. Makanan yang kaya akan zat besi diantaranya adalah daging merah, sayuran berdaun hijau, sereal dengan kandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh, kacang-kacangan dan telur. Selain itu dukung juga dengan vitamin C yang baik untuk dapat menyerap lebih banyak zat besi.


Sedangkan untuk pengobatan ibu hamil yang mengalami anemia sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Konsumsi suplemen zat besi dan asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan dokter atau bidan akan menyarankan anda untuk menambah dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat dan zat besi yang lebih banyak. Pada ibu hamil yang mengalami anemia akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan dalam jangka waktu tertentu untuk mengontrol kesehatan ibu dan janin. 
             Bagaimana ibu-ibu? sudah mengerti bukan apa saja penyebab anemia? khususnya bagi ibu hamil. Usahakan untuk makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran karena sangat baik bagi kesehatan ibu dan calon bayi itu sendiri. Jangan biarkan anemia menyerang anda, karena akan berakibat buruk bagi calon bayi, lebih baik mencegah dari pada mengobati.