Sports

Template information

APA MANFAAT AIR KELAPA BAGI IBU HAMIL ?

Penulis : Siti Hannatuzzahro (zagverna15@gmail.com)
Sebelum membahas tentang Manfaat air kelapa bagi ibu hamil, terlebih dahulu kita akan membahas kandungan dari air kelapa muda yaitu merupakan minuman isotonik yang sangat kaya akan nutrisi alami. Ia memiliki kandungan elektrolit, klorida, kalium, natrium, protein, dan magnesium yang sangat tinggi. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan gula dalam jumlah sedang.  Air kelapa ini juga merupakan sumber serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu minuman terbaik bagi tubuh, khususnya bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan.

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil diantaranya adalah :
1.      Mencegah dehidrasi
Wanita yang sedang hamil memiliki resiko yang besar terhadap terjadinya dehidrasi. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya Morning sikness sehingga cairan dalam tubuh banyak yang keluar. Manfaat air kelapa bagi ibu hamil yaitu dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat terjadinya muntah. Karena air kelapa hijau memiliki kandungan elektrolit. 
2.      Menjernihkan air ketuban
Manfaat air kelapa bagi ibu hamil yaitu dapat membersihkan dan menjernihkan air ketuban karena air kelapa muda mengandung elektrolit dan antioksidan. Kedua zat tersebut mampu menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban.
3.      Menjaga tekanan darah
Kandungan elektrolit seperti  klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin mempunyai  manfaat air kelapa bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan jantung sehingga tekanan darah agar tetap normal. 
4.      Sistem metabolisme tubuh selama kehamilan
Masa-masa kehamilan merupakan masa dimana wanita mengalami berbagai gangguan sistem metabolisme. Manfaat air kelapa bagi ibu hamil yaitu untuk meningkatkan sistem metabolisme para wanita selama proses kehamilan karena banyak mengandung protein, serat, mangan, serta kandungan vitamin C.
5.      Menghilangkan racun dan mencegah infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan perubahan mekanis dan hormonal yang terjadi pada kehamilan. Peningkatan hormon progesterone yang terjadi pada masa kehamilan dapat menambah besar dan berat rahim yang dapat mengakibatkan pengenduran otot-otot saluran kencing. Akibat dari gangguan ISK ini bisa membuat bayi meninggal dalam rahim. Manfaat air kelapa bagi ibu hamil sebagai diuretik alami serta dapat mengeluarkan zat-zat racun yang ada dalam tubuh.
6.      Mengatasi gangguan pencernaan
Perubahan hormonal yang terjadi semasa kehamilan dapat menekan perut ibu hamil yang mengakibatkan adanya gangguan pencernaan atau dispepsia. Biasanya gejala meliputi timbulnya rasa nyeri pada perut bagian atas, sehingga menimbulkan beberapa keluhan seperti penyebab mual, muntah, perut kembung serta perasaan kenyang. Manfaat air kelapa bagi ibu hamil dapat meningkatkan fungsi usus, sehingga dapat membantu meringankan beberapa keluhan seperti konstipasi, mulas, maupun gangguan pencernaan lainnya semasa kehamilan.
7.      Kolesterol baik (HDL) dalam tubuh
Sebuah riset menunjukkan bahwa manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam  tubuh, karena kandungan air tersebut tidak ada unsur lemak dan kolesterol. Jadi, bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan tak perlu khawatir mengkonsumsinya, karena justru manfaat air kelapa bagi ibu hamil akan menambah kesegaran tubuh serta tubuh terlihat lebih berisi.
8.      Mencegah kram
Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kram pada kaki bagi beberapa wanita. Manfaat air kelapa bagi ibu hamil dapat dijadikan alternative utama untuk menyembuhkan gangguan tersebut karena air kelapa mengandung beberapa senyawa kimia seperti kalium.