RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Identitas Mata Kuliah:
Program Studi : DIII KEBIDANAN
Mata Kuliah : Asuhan Kebidanan I (Kehamilan)
Kode Mata Kuliah : BD102
Semester : II
SKS : 2 SKS
Dosen Pengampu : Leni Sartika, S.Tr. Keb
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah
ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan asuhan kebidanan
pada ibu hamil normal dengan bantuan, didasari konsep-konsep, sikap dan
keterampilan serta hasil evidence based dalam praktik antenatal care yang
menggunakan pendekatan manajemen kebidanan dengan pokok-pokok bahasan konsep
terjadinya kehamilan, adaptasi fisiologi dan psikologi ibu hamil, faktor yang
mempengaruhi ibu hamil, kebutuhan ibu hamil, asuhan ibu hamil pada kunjungan
awal dan kunjuungan ulang, deteksi terhadap
komplikasi ibu dan janin serta pendokumentasiannya.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Pada akhir semester mahasiswa akan
mampu menjelaskan konsep dasar pada asuhan kebidanan, mampu membedakan proses
adaptasi fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan, Mampu mendiagnosa
kehamilan, Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan, Mampu
menjelaskan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya dan
Mampu melakukan asuhan kehamilan.
Minggu ke -
|
Kemampuan Akhir Yang Diharapkan
|
Bahan kajian
(Materi
Pelajaran)
|
Bentuk Pembelajaran
|
Waktu Belajar (Menit)
|
Evaluasi
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
Bobot
Nilai
|
|||
Tatap Muka
|
Tugas Terstruktur
|
Tugas Mandiri
|
||||||||
1 – 2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan:
konsep dasar asuhan kebidanan
|
1.1.
Konsep dasar asuhan kehamilan
1.1.1.
Philosofi asuhan kehamilan
1.1.2.
Lingkup asuhan kehamilan
1.1.3.
Prinsip pokokasuha kehamilan
1.1.4.
Sejarah asuhan kehamilan
1.1.5.
Tujuan asuhan kehamilan
1.1.6.
Refocusing asuhan kehamilan
1.1.7.
Standar asuha kehamilan
1.1.8.
Tipe pelayanan asuhan kehamilan
1.1.9.
Hak-hak wanita hamil
1.1.10.
Tenaga profesional (asuhan kehamilan)
1.1.11. Peran dan tangung jawab bidan dalam asuhan kehamilan
1.1.12.
Issu terkini dalam asuhan kehamilan
1.1.13.
Evidence Baset dalam praktik kehamilan
|
Ceramah
|
2x100
|
Mengidentifikasi konsep dasar asuhan
kebidanan I (kehamilan)
|
Mencari referensi tentang konsep dasar asuhan
kehamilan
|
Tanya jawab
|
Keterampilan dan
kelengkapan penjelasan
|
10%
|
|
3 – 4
|
Mahasiswa mampu membedakan
dan mempresentasikan proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam masa
kehamilan.
|
2.1. Anatomi fisiologi organ reproduksi wanita (review)
2.1.1. Genetalia interna
dan externa
2.1.2. Panggul
2.1.3. Siklus hormonal
2.2. Konsepsi
2.5.1. Ovum dan sperma
2.5.2. Fertilisasi dan
implamantasi
2.3. Pertumbuhan dan
perkembangan hasil konsepsi
2.5.1. Pertumbuhan dan
perkembangan embrio
2.5.2. Struktur dan fungsi
amnion
2.5.3. Struktur, fungsi dan sirkulasi tali pusat
2.5.4. Struktur, fungsi dan
sikulasi plasenta
2.5.5. Sirkulasi darah
fetus
2.5.6. Menentukan usia
kehamilan
2.5.7. Menentukan periode
kehamilan
2.4. Perubahan anatomi
2.5.1. Sistem reproduksi
2.5.2. Payudara
2.5.3. Sistem endokrin
2.5.4. Sistem kekebalan
2.5.5. Sistem perkemihan
2.5.6. Sistem pencernaan
2.5.7. Sistem
Muskuloskeletal
2.5.8. Sistem
kardiovaskuler
2.5.9. Sistem Integumen
2.5.10. Metabolisme
2.5.11. Berat badan dan Indkes Masa Tubuh (IMT)
2.5.12. Darah dan pembekuan
darah
2.5.13. Sistem pernafasan
2.5.14. Sisterm Persyarafan
2.5. Perubahan dan adaptasi psikologis dalam masa kehamilan
2.5.1. Pada kehamilan
trimester I
2.5.2. Pada kehamilan
trimester II
2.5.3. Pada kehamilan
trimester III
|
Ceramah
|
2x100
|
Mengidentifikasi proses adaptasi fisiologis
dan psikologis dalam masa kehamilan
|
Tanya Jawab Lab
|
Kelengkapan dan kebenaran
|
10%
|
||
5
|
Mahasiswa mampu mendiagnosa
kehamilan
|
3.1. Tanda-tanda
kehamilan
3.1.1. Pasti
3.1.2. Tidak pasti
3.1.3. Kemungkinan
Pemeriksaan
diagnostik kehamilan
|
Ceramah
|
2x50
|
Tanya Jawab
|
Kebenaran dan keterampilan
|
5%
|
|||
6-7
|
Mahasiswa mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi kehamilan
|
4.1. Faktor fisik
4.1.1. Status kesehatan
4.1.2. Status gizi
4.1.3. Gaya hidup: subtance
abuse, perokok, hamil di luar nikah, kehamilan tidak diharapkan
4.2. Faktor psikologis
4.3.1. Stressor internal
dan external
4.3.2. Suport keluarga
4.3.3. Subtance abuse
4.3.4. Pertner abuse
4.3. Faktor lingkungan,
sosial, budaya, ekonomi
4.3.1. Kebiasaan adat
istiadat
4.3.2. Fasilitas kesehatan
4.3.3. Ekonomi
|
Ceramah
|
2x100
|
Tanya Jawab
|
Kebenaran dan keterampilan
|
5%
|
|||
8
|
Ujian Akhir Semester
|
10 %
|
||||||||
9 – 10
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya
|
5.1. Kebutuhan fisik ibu hamil trimester I, II, III
5.1.1.
Oksigen
5.1.2.
Nutrisi
5.1.3.
Personal hygiene
5.1.4.
Pakaian
5.1.5.
Eliminasi
5.1.6.
Seksual
5.1.7.
Mobilisasi, Body mekanik
5.1.8.
Exercise/senam hamil
5.1.9.
Istirahat/tidur
5.1.10.
Immunisasi
5.1.11.
Traveling
5.1.12.
Persiapan laktasi
5.1.13.
Persiapan persalinan dan kelahiran bayi
5.1.14.
Memantau kesejahteraan janin
5.1.15.
Ketidaknyamanan dan cara mengatasi
5.1.16.
Kunjungan ulang
5.1.17.
Pekerjaan
5.1.18.
Tanda bahaya dalam kehamilan
5.2. Kebutuhan psikologi ibu hamil trimester I, II, III
5.2.1. Support keluarga
5.2.2. Support dari tenaga
kesehatan
5.2.3. Rasa aman dan nyaman selama kehamilan
5.2.4. Persipan menjadi
orang tua
5.2.5. persiapan sibling
|
Ceramah
|
2x100
|
Tanya Jawab
|
Keterampilan, dan kebenaran
|
10%
|
|||
11-12-13
|
Mahasiswa mampu melakukan
asuhan kehamilan
|
6.1.
Asuhan kehamilan kunjungan awal.
6.1.1.
Tujuan kunjungan
6.1.2.
Pengkajian data kesehatan ibu hamil
-
Riwayat kesehatan : sosial, Riwayat kebidanan, Keluarga, penyakit
-
Pemeriksaan fisik
-
Pemeriksaan panggul
-
Pemeriksaan laboratorium
-
Pengkajian emosional
6.1.3.
Pengkajian Fetal
-
Gerakan janin
-
DJJ
-
Non Stress Test (NST)
-
Amnio centesis
6.1.4.
Menentukan diagnosa
-
Menetapkan normalitas kehamilan
-
Membedakan antara
ketidaknyamanan dalam kehamilan dan kemungkinan komplikasi
-
Mengidentifikasi tanda
dan gejala penyimpangan dari keadaan normal
-
Mengidentifikasi kemungkinann kebutuhan belajar
6.1.5.
Mengembangkan perencanaan asuhan yang komprehensif.
-
Menetapkan kebutuhan test laboratorium
-
Menetapkan kebutuhan belajar
-
Menetapkan kebutuhan
untuk pengobatan komplikasi ringan
-
Menetapkan kebutuhan
konsultasi atau rujukan pada tenaga profesional lainnya
-
Menetapkan kebutuhan untuk konseling spesifik atau anticipatory
guidance
-
Menetapkan kebutuhan konseling HIV?PMS
-
Menetapkan jadwal
kunjungan sesuai dengan perkembangan kehamilan
6.2.
Asuhan kehamilan kunjungan ulang
6.2.1.
Mengevaluasi penemuan masalah yang terjadi, aspek-aspek yang
menonjol pada wanita hamil.
6.2.2.
Mengevaluasi data dasar
6.2.3.
Mengevaluasi kefektifan manajemen/asuhan
6.2.4.
Pengkajian data fokus :
-
Riwayat
-
Untuk deteksi komplikasi dan ketidaknyamanan
-
Pemeriksaan fisik
-
Pemeriksaan laboratorium
6.2.5. Mengembangkan rencana sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan kehamilan.
|
Ceramah dan diskusi
|
3x100
|
Persentasi
|
Keterampilan dan kebenaran
|
10%
|
|||
14
|
Mahasiswa mampu
mengidentifikasi deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin.
|
7.1. Tanda-tanda dini bahayakomplikasi ibu dan janin masa kehamilan muda.
7.1.1.
Perdarahan pervaginaan
7.1.2.
Hipertensi gravidarum
7.1.3.
Nyeri perut bagian bawah
7.2. tanda-tanda dini bahaya komplikasi ibu dan janin masa kehamilan lanjut.
7.2.1.
Perdarahan pervaginaan
7.2.2.
Sakit kepala yang hebat
7.2.3.
Penglihatan kabur
7.2.4. Bengkak di wajah dan jari-jari tangan
7.2.5.
Keluar cairan pervaginaan
7.2.6.
Gerakan janin tidak terasa
7.2.7.
Nyeri perut yang hebat
|
Ceramah dan diskusi
|
2x50
|
Persentasi
|
Keterampilan, kelengkapan dan kebenaran
|
5%
|
|||
15
|
Mahasiswa mampu melakukan
pendokumentasian asuhan kehamilan
|
8.1.
1 Model-model dokumentasi asuhan
8.2.
Prinsip dokumentasi
8.3.
Aspek legal dokumentasi
|
Ceramah dan diskusi
|
2x50
|
Persentasi dan Tanya jaawab
|
Kelengkapan dan kebenaran
|
5%
|
|||
16
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
30%
|
||||||||
Referensi
Rukiyah,dkk,2009.Asuhan Kebidanan 1.Jakarta:
Tim CV Trans Info Media
Saminem. 2010. Dokumentasi Kebidanan
Konsep Dan Praktik. Jakarta: EGC
Soeryani, Soepardan.2007. Konsep
kebidanan.Jakarta:EGC
Mufdillah,dkk.2009.Dokumentasi Kebidanan.Jakarta
: Fitramaya
Nanny, Vivian dan Tri Sunarsih.2011. Asuhan
Kehamilan Untuk Kebidanan.Jakarta: Salemba Medika
Tugas mahasiswa dan penilaiannya:
1. Presentasi
2. Demonstrasi individu dan
kelompok
Semarang,
08 Desember 2016
Mengetahui Ketua Program Studi Dosen
Pengampu/Penanggung jawab MK
.................................................... (Leni Sartika, S.Tr.Keb)