Sports

Template information

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil




Selama kehamilan, tubuh memproduksi sekitar 50% lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang tumbuh dalam rahim. Pembengkakan merupakan bagian normal dari kehamilan yang disebabkan oleh bertambahnya darah dan cairan tubuh. Tetapi walaupun ini adalah kondisi yang fisiologi, mengatasi kaki bengkak saat hamil adlaah hal yang penting. Bila tadk diatasi, akan berakibat fata, karenal Penyebab kaki bengkak saat hamil adalah disebabkan terhambatnya aliran darah di kaki. Berikut ini beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil:
     ·    Mengurangi makanan mengandung kadar garam tinggi, baik    bagi anda penderita darah tinggi.
   ·  Jangan terlalu lama diam dalam posisi duduk atau posisi      berdiri. Mendekati masa persalinan sebaiknya Anda lebih banyak bergerak sehingga melancarkan sirkulasi darah dan menghindari kram.
·     Ketika berbaring, letakkan kaki di atas tumpukan bantal dan pastikan posisi kaki lebih tinggi dari posisi tubuh lainnya.
·     Istirahat yang cukup setiap harinya.
·     Gunakan sepatu atau sandal yang nyaman dipakai dan hindari yang berhak tinggi.
·   Berikan perhatian lebih pada kaki. Misalnya melakukan pemijatan telapak kaki menggunakan baby oil setiap pagi dan malam. Bisa juga dengan menyiram kaki dengan air dingin sambil menggerak-gerakkan jari kaki.
·   Kaki bengkak saat hamil memang normal terjadi memang, seiring bertambahnya berat badan pada kehamilan. Namun jika Anda memiliki riwayat penyakit hipertensi atau darah tinggi sebaiknya segera memeriksakan kondisi tersebut pada dokter kandungan.

Untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke kiri. Posisi miring kiri selain dapat membantu mengatasi kaki bengkak pada ibu, juga dapat memberi keuntungan untuk si bayi agar mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal dari plasenta, karena adanya pembuluh darah balik besar (vena cava inferior), pembuluh darah yang bertanggung jawab mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, yang terletak di bagian belakang sebelah kanan spina.

Melakukan senam hami ljuga merupakan salah satu cara untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil daoat membantu pembengkakan pada tubuh. Jalan kaki pagi dan sore usahakan jangan menggunakan alas kaki. Saat duduk usahakan telapak kaki tidak menggantung, jd peredaran darahnya tetap lancar. posisi itu juga bisa membantu bunda untuk bisa lebih nyaman dalam tidur, janin punya plasenta dan rahim yg sudah pasti aman dan nyaman, jd bunda harus jg buat diri bunda nyaman supaya janin merasa tenang.