Sports

Template information

Manfaat musik klasik pada ibu hamil dan pada bayi

Banyak dokter spesialis kandungan merekomendasikan musik klasik untuk bayi dalam kandungan musik tidak cuma merupakan materi hiburan yang memanjakan telinga. Musik klasik ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan bayi walau demikian masih banyak masyarakat yang tabu akan manfaat musik klasik bagi ibu hamil dan bayi. Pada artikel ini saya akan membahas manfaat musik klasik pada ibu hamil dan pada bayi.

Mendengarkan musik klasik ternyata dapat mengurangi tekanan atau pun stress pada ibu hamil. Tidak sedikit ibu hamil mengalami tekanan pada masa kehamilan karena ibu yang sedang hamil akan mengalami perubahan fisik maupun psikologis. Ibu yang sedang hamil akan lebih sensitive dan tidak sedikit ibu hamil yang tidak menerima keadaannya saat itu sehingga ibu mudah mengalami tekanan dan stress. Oleh karena itu banyak dokter spesialis yang menyarankan  ibu hamil untuk mendengarkan musik klasik agar ibu lebih tenang dan stabil serta lupa akan masalah yang sedang ia hadapi. Kegiatan terapi musik dapat membantu ibu-ibu hamil agar tetap dapat mempertahankan keseimbangan antara kesehatan jasmani, pikiran, dan emosi.
     Alunan musik klasik ini bisa dimanfaatkan untuk merangsang janin agar kelak menjadi anak cerdas dan kreatif. Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh dokter mengatakan bahwa, irama dan nada yang didengarkan secara rutin sebelum anak dilahirkan akan membuat bayi belajar pada prinsip persepsi dan belajar tentang penalaran dasar. Makin sering dan teratur perangsangan diberikan, makin efektif pengaruhnya. Pada janin, musik akan merangsang perkembangan sel-sel otak. Otak kanan berkaitan dengan perkembangan artistik dan kreatif, perasaan, bahasa, irama musik, imajinasi, lamunan, warna, pengenalan diri dan orang lain, sosialisasi, serta pengembangan kepribadian. Sementara otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik seperti baca-tulis-hitung, daya ingat , waktu, dan peristiwa), logika, dan analisis. Oleh karena itu, bila stimulasi dilakukan secara seimbang, diharapkan anak yang dilahirkan kelak tidak cuma memiliki kemampuan akademik yang baik tetapi juga kreatif.
     Upaya yang berkesinambungan untuk mamacu perkembangan otak kiri atau kanan perlu dilakukan dengan berbagai cara atau metode yang bijaksana yaitu antara lain dengan memberikan rangsangan suara, termasuk musik, dan dari hasil peneltian ternyata bahwa janin dalam kandungan yang diberi rangsangan suara/musik dapat memacu kecerdasan bayi setelah lahir. Partisipasi aktif dari ibu-ibu hamil dan ibu-ibu sesudah melahirkan melalui terapi musik diharapkan ikut memacu perkembangan anak-anak menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan berkepribadian matang. 
      Mendengarkan musik juga akan membantu untuk mendorong bayi (janin) agar bisa bergerak lebih aktif. Irama yang melekat pada musik klasik sangatlah mirip dengan detak jantung sang ibu. Syaraf motorik bayi juga akan lebih aktif jika didengarkan musik klasik sehingga akan membuat bayi aktif dalam bergerak. Tidak hanya sampai disitu saja, setelah dilahirkan bayi juga akan menjadi lebih aktif. Manfaat lainnya adalah Bayi memang senang bereaksi dan bergerak terhadap beberapa suara. Dengan rutin mendengarkan berbagai jenis musik, bayi bisa memiliki aneka gerakan yang ia lakukan sebagai bentuk respons mendengarnya. Atau, Anda bisa rajin-rajin bepergian keluar rumah agar si kecil bisa mendengar berbagai jenis suara di lingkungan sekitar. Tapi pastikan jangan memberi si kecil suara terlalu bising.