Sports

Template information

Yoghurt untuk ibu hamil

Apa itu Yoghurt?

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Bakteri inilah yang disebut sebagai bakteri “baik” yang dapat melawan bakteri “jahat”
Banyak ibu hamil yang meragukan yogurt sebagai makanan yang aman selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dan kemungkinan ada alkohol di dalamnya. Yoghurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi.

 Yoghurt mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting selama kehamilan untuk menunjang kesehatan ibu dan janin, berikut ini diantaranya :

Manfaat Yoghurt untuk ibu hamil
  1. Kandungan nutrisi didalam yoghurt dapat dikatakan lengkap, mulai dari protein, kalsium, vitamin B, magnesium, seng dan beberapa mikronutrien lain, ternyata seluruh nutrisi yang terdapat pada yoghurt memang dibutuhkan oleh janin yang masih dalam kandungan. Protein akan membuat tumbuh kembang janin menjadi lebih sempurna dan kalsium akan memperkuat tulang janin.
  2. Yoghurt  yang masih segar dan baru diproduksi juga masih mengandung bakteri hidup yang baik untuk pencernaan. Jika bibit yoghurtnya mengandung bakteri probiotik (seperti Lactobacillus acidophilus), maka yoghurt tersebut juga akan mengandung bakteri probiotik. Probiotik akan menjaga usus sang ibu tetap dalam kondisi terbaik, mencegah serangan penyakit yang masuk lewat makanan.
  3. Yoghurt mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk menunjang proses kehamilan, terutama protein, kalsium (Ca), vitamin D, dan serat. Protein membantu proses pembentukan sel-sel tubuh janin, kalsium membantu proses pembentukan tulang dn gigi, vitamin D mencegah pre-eklampsia, dan kandungan seratnya mencegah Anda dari masalah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Sebagai sumber probiotik (bakteri baik dalam pencernaan) dan prebiotik (makanan bakteri baik), yoghurt membantu fungsi sistem pencernaan, sehingga keluhan sulit buang air besar dan sembelit semakin berkurang.

Tips Memilih Yogurt yang Aman untuk Ibu Hamil
  1. Pastikan bahwa ibu hamil memilih jenis yogurt yang telah dipasteurisasi – Proses pasteurisasi dilakukan oleh produsen yogurt yang menggunakan standar tinggi dalam proses pengolahan yogurt. Label pasteurisasi biasanya dicantumkan dalam kemasan.
  2. Hindari mengkonsumsi yogurt yang produk rumahan –Karena dikhawatirkan proses yang tidak higienis sehingga yogurt mungkin tercemar oleh bakteri atau kuman.
  3. Selalu perhatikan label yang tercantum dalam kemasan yogurt – Hindari yogurt yang menggunakan bahan tambahan seperti pemanis atau perasa tambahan.
  4. Perhatikan tanggal kadaluarsa yogurt pada kemasan – Konsumsi produk fermentasi yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya untuk nyawa ibu hamil dan janin.

Konsumsi Yogurt untuk Ibu Hamil
Pada dasarnya yogurt yang telah diolah dengan proses higienis dan mengalami pasteurisasi sangat aman untuk ibu hamil. Yogurt menjadi sumber vitamin, mineral dan zat gizi yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Selain itu konsumsi yogurt selama hamil juga akan mendukung kesehatan janin.

Bahkan bagi ibu hamil sangat disarankan untuk memenuhi asupan kalsium, vitamin dan mineral dari yogurt dengan total konsumsi sekitar 220 gram per hari. Untuk tetap sehat selama hamil, pastikan Anda mengkonsumsi yogurt rendah lemak. Jadi, Jangan takut makan yogurt saat hamil.