Sports

Template information

makanan sehat yang wajib dikonsumsi ibu hamil pada trimester 1




4 Makanan Wajib Konsumsi Pada Kehamilan Trimester Pertama
Artikel ini akan menjelaskan tentang makanan sehat pasa kehamilan trimester pertama, apa saja makanan sehat tersebut dan kenapa diperlukan makanan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.
Hamil tentunya merupakan suatu kabar bahagia yang ingin didengar oleh pasangan suami istri. Kehamilan pertama tentunya sangat mendebarkan bagi calon ibu. Anda tentu memiliki rasa penasaran yang besar tentang kehamilan anda yang akan berujung pada mencari berbagai informasi baik dari kalangan ibu-ibu yang lain, majalah, maupun online. Untuk calon ibu yang masih sangat baru dan asing dengan dunia kehamilan dan perkembangan janin, anda harus tahu bahwa kehamilan anda terbagi dalam tiga trimester.
Trimester pertama adalah masa 12 minggu setelah anda mengalami menstruasi terakhir. Pada kehamilan trimester pertama, begitu banyak perubahan yang akan terjadi pada tubuh anda untuk menyesuaikan diri dengan calon bayi yang tumbuh dalam rahim anda. Tentunya, anda harus cara menjaga pola makan untuk menghindari terjadinya keguguran. Keguguran sangatlah rawan terjadi pada trimester pertama. Apabila tubuh ibu lelah atau sang bayi tidak mendapat cukup gizi yang dibutuhkan, keguguran bisa terjadi kapan saja yang tentu saja juga bisa membahayakan nyawa sang ibu itu sendiri. Penting hukumnya untuk tahu makanan apa yang baik untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Berikut ulasannya.
1. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau
Wajib hukumnya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi sayuran. Morning sickess yang biasanya dialami oleh ibu hamil bisa dikurangi dengan banyak konsumsi sayuran hijau. Tidak hanya mengurangi rasa mual, sayuran hijau seperti bayam tentunya kaya akan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin. Sayuran juga kaya akan mineral yang tentunya dibutuhkan pada kehamilan trimester pertama. Nah, untuk para calon ibu, jangan malas makan sayuran saat trimester pertam

2. Jadikan Buah Sahabat Anda

Konsumsi buah pada masa kehamilan trimester pertama sangat baik untuk menjaga stamina ibu hamil. Jadikan buah terutama apel atau pisang sebagai santapan anda. Usahakan untuk mengkonsumsi apel atau pisang sebagai selingan atau cemilan. Apel mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kulit, mata, dan bahkan bisa menetralisir racun di dalam tubuh. Sedangkan pisang kaya akan asam folat yang diperlukan dalam pembentukan otak bayi. Buah juga mengandung serat yang mampu meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh. Apabila anda bosan mengkonsumsi buah-buahan, akali dengan membuat jus dari buah tersebut. Jika anda tidak suka jus, buatlah buahan-buahan tersebut menjadi salad. Ada berbagai cara untuk meningkatkan nafsu makan buah anda salah satunya dengan menvariasikan cara makan buah.

3. Konsumsi Seafood

Di awal kehamilan ibu butuh banyak asupan protein untuk pembentukan jaringan otak. Oleh karena itu ibu butuh banyak asupan protein dan omega 3. Protein banyak terdapat pada seafood seperti ikan, udang, cumi-cumi, rumput laut yang terbukti mengandung protein tinggi. Selain itu sumber protein yang lain juga terdapat pada makanan olahan susu seperti keju, dan yoghurt. Hasil produksi olahan susu seperti keju dan yoghurt juga kaya akan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang janin bayi anda. Sudah sangat jelas kenapa sumber protein sangat baik dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama.

4. Sereal Juga Baik Untuk Dikonsumsi

Sebenarnya mengkonsumsi sereal juga dianjurkan. Namun bukan sebagai makanan pokok, sereal bagus dikonsumsi lebih untuk makanan tambahan. Sereal kaya akan mineral, vitamin B, karbohidrat dan kalsium yang dibutuhkan sebagai pendukung aktivitas ibu hamil. Anda juga bisa mengganti sereal dengan roti gandum karena roti gandum juga akan serat yang baik sebagai makanan sehat pada kehamilan trimester pertama.