Sports

Template information

Ciri-Ciri Kehamilan Kembar


CIRI-CIRI KEHAMILAN KEMBAR

Kehamilan kembar dapat didefinisikan sebagai suatu kehamilan dimana terdapat dua atau lebih embrio atau janin sekaligus. Kehamilan ganda terjadi apabila dua atau lebih ovum dilepaskan dan dibuahi atau apabila satu ovum yang dibuahi membelah secara dini hingga membentuk dua embrio yang sama pada stadium massa sel dalam atau lebih awal.
Hamil anak kembar memang tidak dapat terdeteksi dengan kasat mata. Karena gejala kehamilan bayi kembar memang tidak jauh bebeda jika dibandingkan dengan gejala kehamilan yang normal. Akan tetapi meskipun demikian, ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan seorang hamil kembar, yaitu :

1.      Riwayat anak kembar dialami keluarga
Potensi kehamilan kembar bias didapatkan pada saat pasangan ataupun yang bersangkutan mempunyai riwayat kembar.
2.      Merasa mual sekali dari awal kehamilan
Rasa mual atau morning sickness ini terkadang agak ekstrem, sehingga ibu hamil merasa sulit untuk mentolerir apapun.
3.      Intoleransi pada makanan tertentu
Intoleransi yang cukup ekstrem untuk makanan, bau serta tekstur dan juga penampilan beberapa penampilan makanan tertentu.
4.      Perut ibu hamil lebih besar
Perut seorang ibu hamil tampak lebih besar karena mencerminkan fakta bahwa ada 2 embrio di dalam kandungannya.
5.      Merasa sangat lelah dan cukup sering buang air kecil
Rasa lelah dan sering buang air kecil memang sering juga terjadi pada kehamilan normal, namun pada kehamilan kembar lebih sering dibandingkan dengan hamil biasa
6.      Merasakan gerakn bayi lebih dini
Seorang ibu yang hamil bayi kembar pada umumnya bias merasakan gerakan bayinya lebih dini pada masa awal kehamilan.
7.      Berat badan bertambah dengan cepat
Pertambahan berat badan ibu hamil biasanya meningkat dengan cepat pada trimester pertama, dan hal ini menjadi petunjuk awal bahwa sedang hamil bayi kembar.
8.      AFP meningkat
Jika pada pemeriksaan didapatkan bahwa kadar AFP (alpha fetoprotein) meningkat, maka pada saat itu ada lebih dari satu bayi, karena kadar AFP merupakan protein yang dilepaskan oleh bayi pada saat dia tumbuh dan ditemukan di dalam darah ibu.
9.      Mendengarkan dua detak jantung
Dua detak jantung bayi yang tepisah bias dibuktikan hingga usia kehamilan berusia 12 minggu. Pada usia kehamilan 28 minggu , sangat memungkinkan untuk dapat membedakan dua kepala janin dan juga beberapa bagian kecil pada saat pemeriksaan USG.
10.  Hasil pemeriksaan USG positif
USG bisa dilakukan sejak awal kehamilan oleh dokter spesialis, yaitu dua embrio dan juga dua detak jantung janin yang kuat bahkan bisa dilihat sejak 6 minggu dari hari pertama menstruasi terakhir.