Sports

Template information

Ternyata Madu Bermanfaat Untuk Ibu Hamil


          Madu kaya akan kandungan gizi mulai dari asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain yaitu kandungan antibiotic yang terdapat dalam tiap tetesnya. Itulah kenapa madu menjadi salah satu sumber energi yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.
Madu memang sudah terkenal sebagai salah satu minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cairan yang diperoleh dari hasil kerja lebah mengumpulkan nektar berbagai jenis bunga-bungaan ini cukup menjanjikan dalam menjaga kebugaran dan ketahanan fisik dalam menghadapi serangan penyakit. Terkait dengan kehamilan, kesempatan hari ini kita akan membahas beberapa manfaat madu untuk ibu hamil. Berikut pemaparannya. Apa Saja Manfaat Madu untuk Ibu Hamil?
1.      Meringankan rasa mulas pada ibu hamil
Mulas merupakan salah satu gangguan kehamilan yang wajar terjadi. Hormon yang dilepaskan selama kehamilan menyebabkan sphincter diantara kerongkongan dan lambung menjadi lebih lunak. Ketika kondisi seperti ini terjadi maka asam lambung kembali kekerongkongan yang menyebabkan ada rasa terbakar. Kondisi ini bisa terjadi sampai pada bulan-bulan terakhir kehamilan.
Hal ini disebabkan bayi akan mendorong semua organ ke atas. Sehingga efek yang dirasakan juga adanya rasa mulas. Rasa mulas ini dapat dikurangi dengan mengkonsumsi susu, yang ditambah dengan madu. Percampuran antara susu dan madu dapat mentralisir kelebihan asam lambung. Minum segelas susu setiap malam sebelum tidur dengan manfaat madu untuk ibu hamil, dapat mengatasinya.

2.      Mencegah keputihan pada waktu hamil
Ibu hamil terkadang mengalami keluhan pada waktu hamil yang berhubungan dengan keputihan. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi madu secara rutin. Madu mengandung zat anti bacterial yang berperan penting dalam mencegah dan meminimalisir pertumbuhan jamur serta bakteri penyebab keputihan.

3.      Mengatasi morning sickness
morning sickness dialami oleh sebanyak 70% dari seluruh ibu hamil. Mual dan muntah pada trimester pertama masa kehamilan menjadi gangguan juga. Dalam kasus yang berat morning sickness dapat menyebabkan penurunan berat badan, malnutrisi atau komplikasi kesehatan yang serius, sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin.
Dalam pengobatan tradisional untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah menggunakan soda dan kerupuk, namun ini hanya sedikit membantu. Maka sebagai obatnya ibu hamil dapat menyeduh Jahe hangat dengan madu. Jahe yang efektif terhadap sistem reproduksi dan pencernaan, sehingga dapat merangsang sirkulasi dan menyuplai darah sehat untuk organ-organ pencernaan.

4.      Mengobati penyakit ringan selama hamil
Pada waktu hamil terkadang ibu hamil terkena penyakit ringan seperti flu ataupun batuk. Hal ini tentunya mengharuskan ibu hamil untuk minum obat, sedangkan konsumsi obat-obatan pada waktu hamil tidak begitu dianjurkan. Untuk mengobati penyakit ringan tersebut ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi madu. Pengobatan secara alami menggunakan madu tidak akan memberikan efek negatif bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

5.      memperkuat kandungan ibu hamil
Madu apel dapat mengobati rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil. Selain itu, madu apel dapat memperkuat kandungan ibu hamil. Madu apel juga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga membantu dalam mempersiapkan persalinan.

6.      Meningkatkan hemoglobin ibu hamil
Manfaat madu untuk ibu hamil, mengandung Fe atau Zat besi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah eritrosit pada ibu hamil. Ibu hamil sering kali mengalami anemia, dengan meningkatnya sel darah merah maka akan meningkatkan kadar hemoglobin.

Selain beberapa manfaat madu untuk ibu hamil diatas, madu juga ternyata bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Manfaat madu untuk janin yaitu mencegah penyakit hepatitis B dan menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi selama di dalam kandungan. Selain itu, madu juga menunjang tumbuh kembang bayi dan membantu pertumbuhan fisik dan psikologis janin sehingga terlahir normal.