Sports

Template information

sakit pinggang pada ibu hamil



Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil


 
Sakit pinggang
Sakit pinggang sering terjadi pada ibu hamil karena peregangan tulang-tulang terutama di daerah pinggang. Semakin besar kehamilan biasanya sakit pada pinggang sering dirasakan. Sakit pinggang sering timbul secara tiba-tiba sehingga membuat ibu hamil hamil merasa tidak nhaman dan gelisah, biasanya rasa sakit pinggang ini dirasakan setelah duduk atau berdiri yang terlalu lama.
Sakit pinggang yang dialami pada ibu hamil ini seperti sakit pinggang yang dialami wanita pada saat menstruasi atau sakit yang dirasakan sebelum menstruasi, begitu juga dengan rasa sakit pinggang pada ibu hamil ini biasanya dirasakan beberapa hari sebelum terjadi proses persalinan yang merupakan tanda-tanda persalinan.
Meningkatnya produksi hormon saat hamil terutama hormon  esterogen yang semakin bertambah, kenaikan hormon esterogen ini akan mempengaruhi sait pinggang terlebih ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan atau trimester III bagian persendian akan mengalami perkembangan dan menjadi lebih lentur.
Beberapa cara mengurangi sakit pinggang
Untuk mengurangi rasa sakit pinggang agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari kita dapat melakukan beberapa hal :
1.      Pilihlah posisi yang nyaman pada saat duduk, bila perlu tambahkan bantal pada bagian belakang pinggang lalu bersandar. Hindari postur tubuh yang membungkuk.
2.      Jangan berdiri terlalu lama karena otot dan sendi kaki akan mengalami keletihan dan pinggang akan semakin nyeri.
3.      Jika terjadi rasa sakit pada pinggang lakukan kompres hangat pada pinggang agar mengurangi rasa sakit, sehingga darah dapat meredahkan peregangan otot.
4.      Tidur dengan cara miring atau dengan kedua lutut ditekuk sehingga mengurangi beban pada pinggang seperti pada saat berbaring
5.      Lakukan aktifitas fisik yang teratur dapat menjaga tubuh anda.