Sports

Template information

Tanda Awal Hamil

A. Tanda Awal Kehamilan
penulis: winda wahyuni putri (adniwputriew156@gmail.com)
Ketika mengetahui diri atau pasangan hamil, tentu saja banyak hal yang akan dipersiapkan. Sebagai wanita, setelah mengetahui dirinya hamil, pasti harus segera berhati-hati dalam segala hal, mempersiapkan tubuh sekaligus mengurangi aktivitas yang membahayakan bagi kehamilan dan janin, mempersiapkan segala hal terkait kelahiran bayi dan aneka hal yang butuh untuk dipersiapkan. Untuk itu diri maupun pasangan perlu mengetahui tanda awal kehamilan sehingga dapat segera melakukan persiapan serta antisipasi banyak hal. Tanda awal kehamilan berikut perlu diperhatikan :
1.        Terdapat flek ringan berwarna coklat atau pink yang terjadi karena adanya perlekatan embryo pada uterus. Flek ini biasanya muncul pada minggu pertama pasca terjadi hubungan seksual.
2.        Perubahan pada payudara. Hormon laktasi akan membuat jaringan payudara mengalami perubahan terutama dalam hal bentuk, guna mempersiapkan proses menyusui bayi.Perubahan yang terjadi antara lain adalah ukuran payudara menjadi membesar karena bertambahnya jaringan air susu, kemudian payudara akan menjadi lebih lembut. Area di sekitar areola menjadi semakin luas dan berwarna lebih gelap dengan adanya bintik-bintik pada areola yang merupakan ujung dari kelenjar air susu.
3.        Tanda awal kehamilan lainnya adalah tidak mengalami menstruasi atau telat menstruasi. Ketika terjadi pembuahan, maka proses menstruasi secara otomatis terhenti dan hormon reproduksi yang bekerja adalah hormone kehamilan serta persiapan menyusui. Hormon kehamilan dan laktasi bekerja menghambat hormon ovulasi sehingga selama hamil tidak terjadi menstruasi. Jika ada pendarahan seperti menstruasi ketika hamil, maka perlu diwaspadai adanya masalah pada kehamilan.
4.        Morning sickness atau kondisi mual dan sampai muntah selama trimester pertama juga menandai terjadinya kehamilan awal. Morning sickness ini diakibatkan adanya perubahan hormonal pada wanita hamil yang menimbulkan reaksi-reaksi fisik berupa pusing, mual sampai muntah. Biasanya morning sickness terjadi pada pagi hari atau bisa juga di sore hari.
5.        Pingsan mendadak. Meskipun jarang terjadi, namun pingsan mendadak dapat menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Kondisi ini terjadi karena adanya perubahan secara hormonal yang terkadang dapat menimbulkan rasa pening yang teramat sangat.
6.        Munculnya bercak darah atau flek. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi. Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

7.        Kram Perut. Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.
8.        Sering buang air kecil. Mudah-mudahan anda bukan tipe wanita yang takut ke kamar mandi sendiri di malam hari. Sebab, tidur malam anda akan terganggu, karena selalu terbangun untuk pergi ke toilet. Ini bukan karena anda mengalamibeser/anyang-anyangan (bahasa Jawa), tapi ini merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan yang sering terjadi.
9.        Sembelit. Selama kehamilan, kadar hormon progesteron dapat membuat Anda sembelit. Progesteron menyebabkan makanan diproses lebih lambat melalui usus halus. Karena itu, disarankan untuk rajin berolahraga ringan dan banyak minum air putih.