Sports

Template information

Senam Hamil

Pengertian Senam Hamil
Putri Lintang Kencono (putrii1919@gmail.com)

Senam hamil merupakan sebuah program fisik yang sangat penting bagi calon ibu untuk mempersiapkan saat persalinannya. Senam hamil adalah gerakan senam yang dirancang khusus oleh para ahli medis dan kebugaran untuk menguatkan otot-otot kewanitaan guna mempermudah proses persalinan nantinya dengan lancar dan normal. sebelum melakukan senam ini ibu biasanya dilakukan tes kesehatan terlebih dahulu dengan palpasi perut dan mendengarkan DJJ bayi dengan  normal kisaran 120-160x/m
Syarat mengikuti senam hamil :
         Ibu hamil cukup sehat berdasarkan pemeriksaan dokter atau bidan, Kehamilan tidak mempunyai komplikasi (keguguran berulang, kehamilan dengan perdarahan, kehamilan dengan bekas operasi), Dilakukan setelah kehamilan 20-22 minggu, Dengan bimbingan petugas dan di rumah sakit.
Senam Hamil ini bertujuan
        Senam hamil dilakukan supaya ibu hamil menguasai teknik pernapasan dengan baik, Ibu mengandung yang rajin mengikuti senam hamil otot-otot dinding perutnya akan semakin kuat. Sehingga elastisitas otot-otot dinding perut juga dapat dipertahankan, Diharapkan ibu hamil akan terlatih untuk melakukan relaksasi sempurna. Relaksasi ini diperlukan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit karena proses kehamilan, Ibu mengandung yang rajin mengikuti senam hamil diharapkan akan menjadi terlatih ketika melakukan sikap tubuh yang baik dan benar selama menjalani kehamilan, Ibu hamil diharapkan dapat menjalani proses kelahirannya dengan lancar dan aman tanpa berbagai kesulitan yang berarti. 
Adapun manfaat senam hamil sebagai berikut :
       Memperbaiki sirkulasi, Meningkatkan keseimbangan otot-otot, Mengurangi bengkak-bengkak, Mengurangi risiko gangguan gastrointestinal, termasuk sembelit, Mengurangi kejang kaki, Menguatkan otot perut, Mempercepat penyembuhan setelah kehamilan.
Manfaat fisik dari senam hamil meliputi : Berkurangnya sakit kepala, Berkurangnya sesak napas, Membaiknya pencernaan, Membaiknya fungsi usus besar, Meningkatnya rasa sehat, Berkurangnya kecenderungan mendapatkan depresI, Terjaganya atau meningkatnya kekuatan otot jantung, Meningkatnya kekuatan dasar panggul, Membaiknya sikap badan tubuh.